[Aktivitas anak 1-2 Tahun] - Bermain Jejak Kaki dengan Cat Bersahabat.

Banyak permainan yang bisa menstimulus motorik otot kaki  dan juga bisa melatih keseimbangan tubuh Anak, nah salah satunya kita mencoba bermain cap jejak kaki dengan cat bersahabat untuk ananda tercinta.

Apa saja yang bunda perlukan untuk menyiapkan permainan ini ya?
Pada dasarnya akan ada 2 aktivitas yang akan bunda lakukan pada permainan ini.

Pertama membuat cat warna bersahabat dan yang kedua menbuat jejak kaki ananda dari cat warna tersebut. Yuk Bunda, kita mulai persiapkan bahan dan alat aktivitasnya.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan :
  1. Bahan cat warna bersahabat :
    - Pewarna makanan yang sudah jadi/ pewarna alami dari estrak sayuran atau buah-buahan.
    - Tepung jagung / maizena (takaran tepung disesuaikan dengan kebutuhan)
    - Air
  2. Panci
  3. Sendok
  4. Wadah kecil
  5. Kertas gambar A3
  6. Isolasi
  7. Nampan/ triplek

Aktivitas 1 
Cara membuat cat warna bersahabat :
  • Pertama campurkan air dan tepung maizena ke dalam panci, aduk sampai mengental, kemudian masak menggunakan api kecil, apabila belum kental tambahkan lagi tepung sedikit demi sedikit. Kekentalan tepung dapat disesuaikan dengan keinginan bunda.
  • Setelah sampai pada kekentalan yang diinginkan, simpan adonan ke dalam wadah-wadah kecil atau mangkuk.
  • Setelah mulai dingin teteskan pewarna pada wadah/ mangkuk tersebut dan aduk rata.
  • Bunda, untuk aktivitas membuat cat ini karena Ananda masih dibawah usia 2 tahun maka aktivitas ini sepenuhnya bunda yg melakukannya. Apabila cat sudah siap kita lanjutkan untuk aktivitas ke 2 yang akan dimainkan Ananda.

Aktivitas 2
Cara bermain jejak kaki:
Untuk memulai bermain jejak kaki, siapkan terlebih dahulu kertas gambar A3. Tempelkan memanjang beberapa kertas A3 di lantai. Siapkan juga nampan atau triplek untuk menuangkan cat yang akan dipijakan oleh kaki. Setelah semua peralatan dan bahan siap, bantu atau beri instruksi Ananda untuk memijakan kaki nya di triplek/ nampan yang sudah di beri cat warna warni tersebut.

Kemudian beri instruksi/bantu Ananda untuk melangkahkan kakinya di kertas gambar yg sudah disambung memanjang selangkah demi selangkah. Ulangi permainan ini hingga ananda merasa senang dan menikmati permainan ini.

Bunda, bukan hanya jejak kaki saja, Ananda dapat memainkan cat tersebut dengan menggunakan tangannya atau peralatan lainnya seperti spon untuk dibubuhkan dikertas gambar tersebut. Walau cat ini aman apabila termakan, namun tetap awasi dan perhatikan Ananda ketika bermain cat tersebut.

Manfaat permainan :
  1.  Melatih motorik otot kaki
  2.  Melatih keseimbangan tubuh anak
  3.  Mengenalkan warna
  4.  Mengenalkan tekstur pada cat bersahabat.







Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...