Download GRATIS - Pohon Rukun Islam - Gunting Tempel Warna

Assalamuálaikum
Semesta Ayah & Bunda
Apa kabarnya di bulan Ramadhan ini? Semoga selalu luar biasa yaa :D

Sedikit cerita aktivitas di Bulan Ramadhan ini, Alhamdulillah Familia Kreativa menjadi bagian dari acara Pesantren Ramadhan di Mesjid Al Madani, Kinagara - Bandung, mulai dari tanggal 5 - 17 Juni 2017, pesantren ini di ikuti oleh anak- anak mulai usia 3 - 12 tahun, untuk itu ada 4 pembagian kelompok usia; yakni usia 3 - 4 tahun, 5 - 6 tahun. 7 - 8 tahun dan 9 - 12 tahun. 

Familia Kreativa sendiri menjadi bagian dari pengisi acara di kelompok usia 3 - 4 tahun dari mulai jam 10-11 pagi. Alhamdulillah acara Pesantren Ramadhan ini bisa jadi aktivitas tambahan untuk Kakak Salma yang sedang super aktif saat bermain, sekaligus acara ini juga sebagai ajang silaturahim saya dengan ibu-ibu yang sedianya mengantar anak-anak tercintanya mengikuti pesantren kilat.





Beberapa printable yang sudah pernah dibuat oleh Familia Kreativa dijadikan sebagai bagian dari materi pembelajaran dalam lingkup crafting dan storytelling, sebagian lagi kami buat baru dengan menyesuaikan program yang sudah direncanakan panita. Nah, kali ini kami mau bagikan salah satu materi yang sempat digunakan di Pesantren Ramadhan tersebut, materinya cukup sederhana, yakni pengenalan Rukun Islam untuk anak-anak usia 3 - 4 tahun melalui metode menggunting-menempel-mewarnai, berjudul Pohon Rukun Islam.


Proses pengenalan Rukun Islam untuk anak usia 3 - 4 tahun dengan cara ini membutuhkan bantuan intensif dari orang tua, terutama pada saat proses menggunting, sedangkan untuk proses menyamakan warna dan menempel sebaiknya (seharusnya) sudah bisa dikerjakan oleh sang anak sendiri, atau dengan sedikit bantuan orang tua sambil diiringi dengan cerita sederhana.

Tujuan akhir dari worksheet ini adalah ketika semua lingkaran warna menempel pada lembar pohon Rukun Islam yang tersedia.

Seperti biasa, prinsip yang perlu dipahami saat pengerjaan ini ada dua, PERTAMA adalah keselamatan, yakni diharapkan agar orang tua benar-benar berhati-hati saat membantu anak dalam menyelesaikan tugasnya dan yang KEDUA adalah proses mengalami yang dicari, bukan kesempurnaan hasil atau pemahaman, jadi ketika ada kesalahan dalam proses menggunting atau menempel, ya tidak apa-apa, namanya juga belajar... Pun dengan kemungkinan distraksi saat proses pengerjaan, hal tersebut masih sangat bisa dimaklumi, karenya tujuannya adalah kebersamaan dengan anak saat mengerjakan worksheet ini.

Selanjutnya, yuk mari kita download printable di bawah ini dengan meng-klik kanan > save as (untuk versi PDF bisa didownload disini) kemudian siapkan gunting dan lem (serta alat warna untuk mewarnai gambar pohonnya) dan mulailah beraksi! Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Wassalamuálaikum,
Familia Kreativa


KLIK DISINI untuk DOWNLOAD GRATIS aneka ragam file keren lainnya.
Jangan lupa bagi pengguna LINE, untuk mendownload sticker Salma Koala, salah satu karakter di Familia Kreativa pada LINK BERIKUT.

Komentar

  1. masya Allah...jazakumullah khairan katsiiran pak. sangaat bermanfaat

    BalasHapus
  2. alhamdulillaah,,terima kasih atas anime pohon rukun islamnya..

    BalasHapus
  3. terimakasih sekali atas ilmunya, semoga menjadi amal jariyah :)

    BalasHapus
  4. Barokalloh semoga jadi ladang amal buat bapak ibu yg baik hati ini 🙏😊 izin saya buat perpustakaan mini anak-anak di tempat saya

    BalasHapus
  5. Masyaallah terimakasih banyak kak 🙏🏽 semoga menjadi ladang amal buat kaka semuanya 😇

    BalasHapus

Posting Komentar