Sneak Peek Kalender 2018 - FK

Bismillahirahmanirahim...

Assalamuálaikum Ayah Bunda Seduniaaa...

Sudah pada tahu 'kan, bahwa Familia Kreativa (FK) akan mengeluarkan produk tahunannya, yaitwo Kalender kece super cihooy... Hehe...

Yups, ini adalah kali ketiga FK meluncurkan kalender, setelah tahun 2016 bertema aktivitas keluarga dan tahun 2017 bertema kepedulian lingkungan, kalender tahun 2018 ini akan bertema profesi yang ada disekitar keluarga kita.


Kami mau mengupas sedikit tentang 'konten' kalender FK yang saat ini sedang dalam proses cetak. Sebetulnya pemilihan tema pengenalan profesi untuk anak-anak ini bukan ketidaksengajaan, jadi beberapa bulan sebelum proses desain kalender ini kami secara dialogis suka bertanya-tanya kepada teman-teman orangtua di FansPage FK tentang hal-hal kira-kira bisa bermanfaat untuk didekatkan dan dikenalkan kepada anak-anak... Nah pada akhirnya ternyata kisah-kisah seputaran profesilah yang dianggap cukup banyak dibicarakan disamping itu tema profesi ini juga menjadi tema utama pada dua kegiatan offline FK --Amengan, yakni profesi dokter, koki dan polisi.

Profesi ini juga dirasa cukup intens ditanya oleh anak usia 5+ kepada orangtuanya, maka itu kami juga berharap kalender ini bisa jadi alat bantu bagi orangtua saat memperkenalkan berbagai macam profesi tersebut, siapa tahu bisa sekaligus memberi gambaran sederhana tentang ragam pilihan cita-cita masa depan sang anak.

Pada kalender ini ada 12 profesi pilihan yang kami dapat melalui survei sederhana tentang profesi yang paling sering dipertanyakan oleh anak-anak dirumah, sebetulnya banyak sekali yang disebutkan selain keduabelas yang ada dikalender ini, misalnya pedagang, apoteker, presiden, bos, atlet dan lainnya, tapi kami tetap harus memilih 12, karena di dalam kalender hanya ada 12 bulan, kecuali memang jika bulannya bertambah mungkin gambarnya nanti kami tambah juga, hehehe...

12 profesi yang kami angkat untuk diilustrasikan dalam kalender ini adalah; dokter, wartawan, arsitek, arkeolog, pilot, pemadam kebakaran, polisi, astronot, mekanik, koki, guru dan Ilmwuan. Kami menggunakan ilustrasi/ kartun karena ini adalah ciri khas FK, hampir semua produk yang kami keluarkan menggunakan ilustrasi khas yang akrab dengan anak-anak yang disesuaikan dengan target usianya.

Sedikit cerita, ilustrasi/ gambar kartun kalender kali ini dikerjakan oleh ilustrator pilihan FK, yakni Kak Rendra Ridwan (rendraridwan.blogspot.com) yang merupakan ilustrator yang sering bekerjasama dengan penerbit besar seperti Mizan dan Elexmedia, Kak Rendra ini juga sudah menerbitkan lebih dari 50 buku ilustrasi maupun komik, seperti buku-buku KKPK, Fantasteen, Seri Penemuan, Seri Anak Muslim dan lainnya.

Selain ilustrasi utama terdapat terdapat juga penjelasan singkat berupa profil maupun kegiatan utama yang dilakukan profesi tersebut. Selain itu ada juga ilustrasi tambahan berupa gambaran pakaian, peralatan dan perlengkapan yang biasa dikenakan atau digunakan oleh ke 12 profesi tersebut, nah melalui ilustrasi tambahan ini orangtua juga bisa main tebak-tebakan dan menjelaskan tentang fungsi peralatan/ perlangkapan yang dimiliki masing-masing profesi.

Pada setiap halaman juga terdapat trivia dari setiap bulan disesuaikan dengan profesinya misal mengenalkan "hari pers nasional" bertepatan dengan bulan apa dan tanggal berapa.

Lalu kami tambahkan juga penanggalan hijriyah, yang banyak dirikues oleh orangtua di FansPage kami. Untuk penanggalan hijriyah ini kami mengacu pada sistem Ummul Qura', Arab saudi.

Desain fisik kalender 2018 ini akan dicetak full color pada kertas 210 gr dalam ukuran lipat A4 dan bila dibuka menjadi ukuran A3. Kami memasang ring di tengah, bukan di atas. Hal ini telah menjadi bagian dari riset kami bahwa penempatan ring di tengah akan mempermudah pengemasan sehingga bisa membuat distribusi lebih efisien dan barang --kalender tidak mudah rusak. Mengingat kalender ini akan menjelajah ke seluruh nusantara dalam jumlah yang tidak sedikit, jadi harus kami pastikan bahwa keselamatan kalender adalah yang utama. Nah, desain dengan ring di tengah bisa mengakomodir kebutuhan itu :)

Klik DI SINI untuk Follow INSTAGRAM Familia Kreativa 
Klik DI SINI untuk Subscribe YOUTUBE Familia Kreativa 
Segera dapatkan buku-buku dan produk-produk Familia Kreativa di Reseller kesayangan di seluruh Nusantara
KLIK DI SINI untuk DOWNLOAD GRATIS aneka ragam file keren lainnya.
Jangan lupa bagi pengguna LINE, untuk mendownload sticker Salma Koala, salah satu karakter di Familia Kreativa pada LINK BERIKUT.

Komentar