Review Buku : Seri Komik Anak Muslim - Buku kece untuk menemani liburan keluarga!

Assalamualaikum Semesta Ayah Bunda seduniaaa...

Apa kabarnya kita semua? Semoga selalu dalam lindungan dan keberkahan Allah SWT yaaa. Menjelang liburan akhir tahun ini selain mengeluarkan Kalender 2018 Familia Kreativa juga mau sharing tentang review buku komik keren untuk anak-anak usia 7+.

Nah sekedar informasi, buku komik kece ini kami dapatkan langsung dari Penulis dan Ilustratornya, looh saat kami bersilaturahim ke markas penerbitnya di Bandung, cihuyy!

Ini dia tampilan ketujuh buku yang cucok banget buat keluarga para penggemar visual, Seri Komik Anak Muslim.

Tujuh seri buku yang didapat dari Sang Penulis dan Ilustrator :D

Jadi buku Seri Komik Anak Muslim (SKAM) ini terdiri dari 7 buku dengan spesifikasi masing-masing sebagai berikut:

  • Judul : Seri Komik Anak Muslim (SKAM) i
  • Penulis : Roni Amdani, Idris Sadri, Aruma Assegaf
  • Ilustrator : Rendra M. Ridwan
  • Penerbit : Muffin Graphic
  • Kategori : Buku Komik Anak (7+ dengan panduan orang tua)
  • Jenis Cover : Art Paper Laminasi Glossy 210 Gram
  • Kertas Isi : Book paper 70 gram (Fullcolor)
  • Tebal Buku : 72 Halaman
  • Berat Buku : 180 gram
  • Dimensi : 14,5 cm x 21 cm

Dengan spesifikasi diatas buku ini dijamin cukup handy untuk bisa dibawa jalan-jalan dan dimasukkan ke dalam tas saat kita bepergian.

Laluuu, apa aja sih judul ketujuh buku SKAM ini:

  1. Senyummu Sedekah
  2. Semangat Belajar
  3. Jagalah Ucapanmu!
  4. Yang Penting Jujur
  5. Berbagi Ilmu, Yuk!
  6. Kita Semua Saudara
  7. Jangan Pelit
Okey, mari kita mulai mereview dari tampilan visualisasi luar alias desain sampulnya. Saat pertama melihat sampulnya kita sudah bisa merasakan nuansa segmen anak-anak yang disasar buku ini. Kami memperkirakan usia 7 tahun keatas sudah sangat bisa menikmati buku ini, hal ini dipertegas pula dengan judulnya "Seri Komik - Anak Muslim" yang menggunakan jenis huruf fancy --berkesan dinamis dengan warna magenta cerah.


Judul buku menggunakan 'logotype' yang cerah dinamis.

Ditambah lagi ilustrasi sampul yang ceria semakin menyatakan kemenarikan buku ini untuk segera dinikmati! Sampul dari setiap buku dari ketujuh buku ini memperkuat deskripsi judul yang ada. Penggunaan warna-warna cerah ini juga bisa semakin menarik perhatian kita untuk bergegas membuka plastik dan membacanya.

Tiga buku SKAM dengan ilustrasi sampul yang menarik.

Saat pertama membuka halaman buku ini kita akan disajikan dengan sedikit pengantar tentang tokohnya, yakni pangeran jail yang hidup di negeri antah berantah. Begitu membuka halaman-halaman full color selanjutnya kita akan menemukan rangkaian komik pendek kisah petualangan pangeran dan teman-temannya yang diakhiri setiap segmennya dengan kutipan hadits Rasulullah SAW. Setiap buku berisi lebih dari 30 cerita yang berarti terdapat lebih dari 30 hadits untuk bisa kita simak.

Menurut kami, hal yang membedakan komik ini dengan komik hadits lain adalah cerita fiksi yang dibawakan oleh tokoh jahil --sang pangeran, dengan segala drama dan komedi yang dibawakannya, Setiap buku memuat begitu banyak hadits Rasulullah SAW yang digambarkan dengan akrab untuk anak-anak, termasuk adanya momen-momen kocak yang dibawakan oleh tingkah polah dan kepolosan tokoh-tokohnya. Cerita yang mengalir dari setiap segmen juga menjadi bagian menarik yang mudah dipahami oleh anak usia tujuh tahun keatas.

Sebagai catatan, mungkin pada beberapa bagian anak-anak perlu bimbingan orang tua agar bisa lebih memahami dan menjadikan cerita yang ada dalam komik ini sebagai teladan untuk belajar berperilaku baik.

Empat buku ini belum sempat dibuka, masih fresh dalam kemasan plasik vakum.

Jika melihat dari bentuk bukunya yang cukup kecil dan kompak, SKAM memang pas untuk menemani liburan keluarga, baik saat dirumah maupun saat dibawa bepergian, dan dengan berjumlah tujuh membuat komik ini bisa dibaca beramai-ramai saling bergantian.

Setiap akhir segmen akan ada panduan berupa kutipan hadits Rasulullah SAW

Kesan yang kami dapat selama membaca ketujuh buku ini, yakni kami cukup terhipnotis dan bisa menikmatinya. Buku ini juga menjadi salah satu oase berkualitas dari hadirnya komik-komik luar negeri. Ditambah lagi buku ini dibuat oleh para penulis cerita yang berpengalaman dibidangnya, serta diilustrasikan oleh ilustrator yang sudah berpengalaman membuat komik-komik Indonesia dalam jumlah yang tidak sedikit. Lebih dari 40 buku (baik komik maupun ilustrasi lain) sudah pernah digarap oleh Kang Rendra, ilustrator buku ini, menjadikan buku SKAM bisa menjadi komik pilihan yang sesuai untuk dinikmati oleh keluarga.

Untuk bisa meneladani hadits ini sebagian anak mungkin perlu didampingi oleh orang tua
Sementara ini, kesimpulan yang bisa kami dapat setelah membaca buku SKAM adalah ringan dan menghibur, bahkan Sinnai (anak kami yang berusia 7 tahun) meski belum bisa membaca lancar, tapi dia bisa tertawa sendiri saat "membaca gambar" yang tersaji. Buku ini InsyaAllah sesuai untuk mengisi ruang yang masih kosong di rak buku perpustakaan di rumah. Cukup ringan untuk dibaca dengan isi yang penuh hikmah dan bisa mengingatkan kembali pada kita para pembacanya, bahwa Rasulullah SAW diturunkan ke alam dunia ini untuk menjadi teladan dan diutus untuk menyempurakan akhlak ummat manusia.

Selamat Membaca, semoga review ini bermanfaat.

03 Desember 2017
Familia Kreativa
Yanuar Rahman 

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...