Berkreasi dengan Cangkang, di Minggu yang Tenang

Assalamu'alaikum, Ayah Bunda...
Apa kabarnya di hari yang cerah ceria ini :D?
Di akhir pekan ini aktivitas apa yang akan dilakukan bareng keluarga tercinta?
Adakah yang berencana masak telur rebus... *lho?

Hehehe, jadi sesuai judul diatas, di Minggu yang tenang ini kita akan mencoba berkreasi dengan sampah dari cangkang telur rebus. Jika hari ini Ayah Bunda menyengaja untuk menikmati sedapnya telur rebus, tolong ya setelah telurnya dikupas cangkangnya jangan dibuang, isinya tetap boleh dimakan ‘kok, :-)

Kenapa cangkang telur rebus itu jangan dibuang? Karena hari ini kami ingin mengajak para bunda sedunia untuk membuat kreasi dari cangkang telur yang diberi judul “Mosaik Cangkang Telur”.

Aktivitas berkreasi ini sudah kami uji coba di Playdate “Pojok Familia” hari Selasa tanggal 19 Februari 2019 kemarin. Sekitar 30 anak-anak jenius ikut serta berkreasi membuat prakarya dari cangkang telur ini. Mulai dari yang berusia 3 tahun hingga 7 tahun, anak-anak ini bekerjasama dengan bundanya untuk mencoba menyelesaikan prakarya yang kurang lebih bisa diselesaikan dalam durasi 30 - 40 menit.


Sebelum saya beritahu teknisnya, alangkah lebih baik jika kita mengetahui manfaatnya terlebih dahulu.

Bagi anak-anak usia dini, aktivitas ini bisa menjadi salah satu proses belajar alamiah alias “learning by nature” *cie... Misalnya ketika anak mulai memegang dan mengupas telur, kegiatan ini dapat menstimulasi motorik halusnya. Lalu ketika ia mengumpulkan sampah cangkang tersebut agak dapat dipergunakan kembali, ini merupakan pengenalan konsep reuse bahwa sebagian sampah bisa dimanfaatkan untuk hal-hal tertentu. Secara tidak langsung hal ini juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri bahwa ia bisa diandalkan saat bekerja sama dengan bundanya, terutama dalam konteks membantu menyiapkan makanan.

Hmmm... idealnya sih seperti ituuu... tapi mungkin bagi sebagian orang, seringkali dalam praktiknya hal-hal seperti ini tidak berjalan lancar, mungkin ada sedikit kekacauan dan keberantakan, hehehe...

Iyaa, tidak apa-apa kok, tenang saja... Namanya juga proses belajar, mungkin awalnya tidak sesuai dengan bayangan dan harapan di benak kita... Namun lama-lama nanti juga akan terbiasa, yang penting jangan berhenti untuk mencoba ;-)

Oke lanjuuut...

Naaah, setelah kita punya kumpulan sampah cangkang dalam satu wadah. Saatnya kita unduh dan cetak template printable resolusi tinggi yang sudah kami sediakan DISINI, atau jika menginginkan resolusi biasa bisa save gambar di bawah. Template ini bergambar ayam, misinya adalah anak-anak harus membuat kolase dari cangkang telur pada tubuh ayam tersebut.




Untuk memperlancar proses ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan:
1. Cangkang telur rebus itu sendiri.
2. Kertas printable yang sudah kami sediakan.
3. Lem putih.
4. Kuas (sebagai alat bantu untuk mengoles lem, pakai jari juga bisa ‘sih).
5. Alat mewarnai (opsional).

Langkah membuatnya adalah :
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.


2. Awali dengan mengoles sebagian kecil dari gambar dalam printable dengan menggunakan lem putih. Mulailah menyusun cangkang tersebut pada bagian kertas yang sudah diberi lem. Lanjutkan menempel cangkang hingga dianggap cukup.


3. Setelah selesai menyusun cangkang, silakan lanjutkan dengan memberi warna tambahan jika diinginkan.


4. Mosaik selesai! Horeee alhamdulilah.


Berikut ini dokumentasi dari aktivitas membuat Mosaik di Pojok Familia.






Setelah selesai kini saatnya tugas Ayah untuk membuat frame/ pigura dan memajang karya emas anak-anak kita, hehehe. Jangan lupa mencantumkan nama, tanggal dan judul pada karya ini yaaa.

Selamat mencoba.
Salam Kreatif Sepanjang Masa!
Wassalamu’alaikum
Devi - Familia Kreativa

#familiakreativa #cerita.hs #homeschool #quote #inspirasi #kutipan #nasihat #komik #ilustrasi #illustration #muslim #islam #muslimhomeschool #homeschoolquote #homeeducation #education #pendidikan #belajar #sekolah #kreativitas #creative #book #buku #anak #ilustrasi #kids #kreatif #orangtua #bonding #aktivitas #printable #gratis #kartusensa #paperdolls #posterstiker

Klik DI SINI untuk Follow INSTAGRAM Familia Kreativa 
Klik DI SINI untuk Subscribe YOUTUBE Familia Kreativa 
Segera dapatkan buku-buku dan produk-produk Familia Kreativa di Reseller kesayangan di seluruh Nusantara
KLIK DI SINI untuk DOWNLOAD GRATIS aneka ragam file keren lainnya.
Jangan lupa bagi pengguna LINE, untuk mendownload sticker Salma Koala, salah satu karakter di Familia Kreativa pada LINK BERIKUT.

Comments