Memulai Tahun 2020 dengan Kalender Super Kreatif ala Familia Kreativa

Menyambut tahun baru 2020, Familia Kreativa (FK) kembali mengeluarkan Kalender Kreativa yang unik dan khas bertemakan kreativitas.

Tema yang diangkat tahun ini cukup spesifik yaitu KREASI KELAS DUNIA.




Selain berisi angka-angka seperti kalender pada umumnya, Kalender Kreativa ini mengangkat paparan dan tuntunan DIY  (do it yourself) enam kreasi yang diambil dari berbagai penjuru bumi.

Enam Kreasi Kelas Dunia, apa saja?

Awalnya kami mendaftar sekitar 30 kreasi dari beragam daerah di dunia, setelah didiskusikan kami lalu memilih enam kreasi.

Pertimbangan kami memilih enam kreasi ini salah satunya adalah kemudahan untuk bisa dipraktikkan oleh anak-anak sedunia. Karena memang tujuan kami membuat kalender ini adalah agar anak-anak bisa langsung praktik berkreasi. Apa sajakah enam kreasi tersebut?

Ini dia secuplik paparannya ...

Enam Kreasi Kelas Dunia

Taumatrop (Thaumatrope)


Taumatrop adalah sebuah ilusi optik yang populer di abad 19. Ilusi ini dihasilkan dari dua buah gambar pada dua sisi kertas yang digerakkan bolak-balik secara cepat. Ketika kertas berputar maka akan membuat kedua gambar tersebut tampak menyatu.

Kirigami


Kirigami merupakan variasi dari origami, yakni seni melipat kertas, namun sedikit berbeda karena melibatkan teknik memotong/ menggunting kertas. Kirigami berasal dari bahasa Jepang, yakni "kiru" berarti memotong, dan "kami" berarti kertas.

Tie Dye (Ikat Celup)


Tie Dye adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain menggunakan teknik tertentu sebelum dilakukan pencelupan. Teknik ini juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti pelangi atau cinde (Palembang), tritik atau jumputan (Jawa), serta sasirangan (Banjarmasin).

Anyaman


Anyaman merupakan proses merajut dan menyilangkan suatu bahan (kertas, daun, rotan, kain, dan lain sebagainya) untuk membentuk jalinan ikatan atau pola tertentu. Anyaman dari bambu, rotan atau serat tumbuhan sering digunakan untuk perabot rumah tangga.

Pop Up


Pop Up adalah teknik kreasi kertas pada kartu atau buku yang bisa "muncul" dan menampilkan gambar dalam bentuk tiga dimensi, biasanya akan memberi kita kejutan saat membukanya.

Agamograf


Agamograf adalah seni visual yang menampilkan kumpulan potongan gambar yang dapat berubah jika dilihat dari sisi yang berbeda.

Kalender ini akan menjadi sebuah media yang sangat seru sekali bila keenam kreasinya bisa dipraktikkan bersama-sama di rumah. Tentunya selain anak-anak, Ayah dan Bunda juga harus ikut terlibat membantu sang buah hati untuk berkreasi.

Jika Ayah dan Bunda berminat untuk mendapatkannya silakan klik tombol dibawah ini!






Klik DI SINI untuk Follow INSTAGRAM Familia Kreativa 
Klik DI SINI untuk Subscribe YOUTUBE Familia Kreativa 
Segera dapatkan buku-buku dan produk-produk Familia Kreativa di Reseller kesayangan di seluruh Nusantara
KLIK DI SINI untuk DOWNLOAD GRATIS aneka ragam file keren lainnya.
Jangan lupa bagi pengguna LINE, untuk mendownload sticker Salma Koala, salah satu karakter di Familia Kreativa pada LINK BERIKUT.

Komentar