REPORTASE KREATOR CILIK V.01 ... Amazing!

Assalamu'alaikum Semesta Kreativa...

Alhamdulillah hari Sabtu, 7 Juli 2018 kemarin Familia Kreativa (FK) telah sukses menyelenggarakan acara Workshop Kreator Cilik edisi perdana. Acara hasil kolaborasi dengan Bukuku.Club ini dihadiri 33 anak usia 8 - 14 tahun dari batas kuota 30 orang yang tersedia. Ya, kami sengaja menambah tiga peserta waiting list teratas karena tempat acara yang masih memungkinkan untuk mengakomodasi peserta. Meski kami juga memohon maaf kepada para peserta waiting list lain yang belum bisa mengikuti acara Workshop Kreator Cilik.

Modul Workshop Kreator Cilik

Goodie bag dari sponsor Workshop Kreator Cilik

Acara yang diadakan di Bandung Creative Hub ini dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB, sebagian besar peserta sudah hadir sebelum waktu itu meski ada yang datang sedikit terlambat. Ada peserta yang diantar oleh keluarganya dan sebagian lagi ada yang datang sendiri atau diantar oleh pendampingnya.

Suasana sebelum acara dimulai

Acara sedang berlangsung

Tepat pada pukul 10 acara dibuka dengan ice breaking, dilanjutkan sesi pertama yang diisi oleh Ibu Pipit,  penulis buku dan owner dari Bukuku.Club. Materi yang disampaikan Ibu Pipit adalah tentang bagaimana membuat dan mengembangkan cerita dari ide-ide yang sudah dibawa dari rumah. Ibu Pipit membantu tiap anak untuk bisa menyusun alur cerita agar tercipta sebuah karya tulis yang menarik untuk dibaca. Pada sesi ini sebagian besar anak-anak berhasil mencapai check point pertama, yakni menyelesaikan naskah cerita untuk delapan halaman buku.

Bunda Devi dari Familia Kreativa memberi pengantar sebelum acara dimulai

Ibu Pipit dari Bukuku.Club memberi materi tentang tulis menulis

Setelah sesi pertama selesai, acara dipotong dengan aktivitas makan siang, istirahat dan shalat zuhur. Pada waktu istirahat ini FK juga mengadakan sesi meet and greet, yakni mengundang dan memperkenalkan penulis buku My Little Pony, Next-G dan Princess Academy yaitu Kak Citra Mustikawati kepada peserta workshop. Tidak lupa FK juga memperkenalkan Ilustrator buku My Little Pony dan Next-G yaitu Kak Faisal yang setelah sesi istirahat akan mengajarkan peserta membuat ilustrasi pada sesi kedua. Kedua penulis dan ilustrator buku dari penerbit Muffin Graphic ini ternyata memiliki fans -yaitu para adik-adik peserta workshop, yang selalu penasaran akan sosok dibalik karya-karya yang suka mereka baca. Terima kasih kami ucapkan untuk Muffin Graphics yang sudah mengenalkan para kreator buku yang tampaknya menjadi inspirasi bari kreator-kreator cilik di Bandung.

Kak Citra Mustikawati (bermasker --karena lagi sakit) dan Kak Faisal, penulis dan ilustrator buku My Little Pony, Next-G, Princess Academy terbitan Muffin Graphics, sedang bercerita tentang karya-karyanya 

Setelah semua peserta menikmati makan siang dan melaksanakan ibadah shalat zuhur, sesi kedua pun dimulai.

Sesi kedua juga dimulai tepat waktu, semua peserta tampak menikmati sesi ini, karena pada sesi ini hasil karya tulis peserta mulai divisualisasikan dengan dibimbing oleh ilustrator yang berpengalaman. Serunya, Kak Faisal membawakan materi di sesi kedua ini dengan gaya yang menarik dan ceria, jadi meskipun suasana sangat nikmat jika diisi dengan tidur siang, adik-adik peserta tetap antusias untuk menyelesaikan karyanya, bahkan waktu workshop terpaksa ditambah hingga 30 menit!

Kak Faisal memberi materi tentang ilustrasi

Kak Faisal mengajak adik-adik untuk ikut berkarya di depan

Alhamdulillah pada pukul 15.30 acara berakhir (yang seharusnya pukul 15.00!). Acara ditutup dengan keseruan yang masih berlanjut, adik-adik pulang membawa buku hasil karya sendiri, untuk nanti akan discan di rumah dan disempurnakan dengan berkolaborasi bersama orang tua.

Peserta Workshop Kreator Cilik v.01

Hasil kolaborasi ini selanjutnya akan dikirim kembali pada tim FK unutuk dikompilasi dan difinalisasi dalam bentuk E-Book, setelah itu karya ini akan diterbitkan secara digital oleh Elex Media Komputindo.

Naaaah, kita nantikan, yuk buku digital hasil karya teman-teman kita yang mengikuti Workshop Kreator Cilik v.01.

Lalu, bagi adik-adik di kota lain yang ingin menerbitkan karya bersama Familia Kreativa dan Elex Media Komputindo, bisa mengundang kami untuk mengadakan Workshop Kreator Cilik. Silakan hubungi 0856.209.4220... Kota selanjutnya yang Insyaallah akan kami kunjungi yaitu  Cianjur dan Solo!

#workshop #bukuanak #ilustrasi #artwork #kreatorcilik #familiakreativa #bukuku

Klik DI SINI untuk Follow INSTAGRAM Familia Kreativa 
Klik DI SINI untuk Subscribe YOUTUBE Familia Kreativa 
Segera dapatkan buku-buku dan produk-produk Familia Kreativa di Reseller kesayangan di seluruh Nusantara
KLIK DI SINI untuk DOWNLOAD GRATIS aneka ragam file keren lainnya.
Jangan lupa bagi pengguna LINE, untuk mendownload sticker Salma Koala, salah satu karakter di Familia Kreativa pada LINK BERIKUT.

Comments